Otoritas Jasa Keuangan Gelar Sosialisasi pada mahasiswa UPI YPTK Padang

Selasa, 20 Maret 2018

Padang, 20 Maret 2018. Kantor perwakilan Otoritas Jasa Keuangan Sumatera Barat menggelar sosialisasi mengenai fungsi OJK kepada sivitas akademika Universitas Putra Indonesia YPTK Padang. Kegiatan tersebut berlangsung di UPI exhibition hall kampus UPI YPTK Padang.

Kerjasama antara Otoritas Jasa Keuangan dengan Universitas Putra Indonesia YPTK Padang telah digelar semenjak tahun 2016 ditandai dengan peresmian galeri investasi Bursa Efek Indonesia UPI YPTK Padang, berselang 3 bulan setelah itu GIBEI UPI YPTK Padang memecahkan rekor Muri menciptakan investor terbanyak dalam satu perguruan tinggi. Selanjutnya pada tahun 2017 Universitas Putra Indonesia YPTK Padang memperoleh penghargaan dari Otoritas Jasa Keuangan sebagai pelopor inklusi keuangan yang diserahkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Bob Haspian selaku pengawas senior Otoritas Jasa Keuangan kantor perwakilan Sumatera Barat memaparkan pentingnya edukasi mengenai literasi keuangan kepada masyarakat dalam berhubungan dengan industri keuangan. Rendahnya pemahaman masyarakat mengenai literasi keuangan memicu berbagai kendala dan permasalahan-permasalahan yang terjadi, yang saat ini ditangani oleh OJK. Dalam upaya perolehan dana kredit misalnya, nasabah cenderung tidak membaca poin per poin akad kredit yang dikeluarkan oleh industri keuangan sehingga, dalam waktu berjalan ada yang merasa dirugikan dan melaporkan ke OJK.

Rektor Universitas Putra Indonesia YPTK Padang Prof. Dr Sarjon Defit, M.Sc menyambut baik kegiatan ini. Dalam acara pembukaan sosialisasi tersebut Rektor Universitas Putra Indonesia YPTK Padang mengucapkan terima kasih kepada otoritas jasa keuangan kantor perwakilan Sumatera barat atas dipilihnya universitas Putra Indonesia YPTK Padang sebagai tempat sosialisasi pengetahuan mengenai literasi keuangan.

Dalam kesempatan tersebut tampak hadir Wakil Rektor 4 Universitas Putra Indonesia YPTK Padang Muhammad Ridwan S.E, MM., Dekan Fakultas Ekonomi UPI YPTK Padang Dr. Efiswandi, sejumlah dosen dan para peneliti yang fokus dalam bidang keuangan.

Sosialisasi yang berlangsung diikuti oleh peserta yang sangat antusias dengan Informasi yang disampaikan oleh para narasumber. Forum diskusi yang dibuka setelah presentasi terlihat aktif, berbagai permasalahan dibahas pada diskusi tersebut mulai dari hilangnya uang nasabah secara mendadak di salah satu bank, informasi mengenai debitur, dan berbagai industri jasa keuangan lainnya.

Informasi Akademik Terbaru

Sejarah

Visi dan Misi

Pimpinan

Fasilitas

Kerja Sama

Struktur Organisasi