Mahasiswa berprestasi UPI YPTK Padang Berangkat studi komparatif ke Malaysia dan Singapura

Senin, 12 Maret 2018

Padang, 12 Maret 2018. Sejumlah mahasiswa beserta studi komparatif dilepas secara resmi oleh ketua Yayasan Perguruan Tinggi Komputer Padang H. Herman Nawas selesai salat subuh berjamaah di Masjid Rahmatan lil alamin UPI YPTK Padang. 


Dalam sambutannya H Herman Nawas menyampaikan kepada seluruh orang tua mahasiswa, mahasiswa yang diberangkatkan pada tahun ini merupakan mahasiswa yang berprestasi memperoleh nilai terbaik secara berturut-turut selama 2 semester. Disamping dibebaskan dari biaya uang kuliah mereka juga diberangkatkan selama satu minggu ke Malaysia dan Singapura untuk mengunjungi beberapa universitas yang sudah bekerja sama dengan UPI YPTK Padang. 


Seluruh biaya akomodasi transportasi dan pembuatan paspor ditanggung penuh oleh Yayasan Perguruan Tinggi Komputer Padang. Hal ini merupakan wujud reward yang diberikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Komputer Padang kepada mahasiswa berprestasi, diharapkan dapat memberikan wawasan baru, semangat dalam menyelesaikan pendidikan, serta dapat membuat inovasi-inovasi baru dalam pengembangan teknologi dan riset riset terkini. 


Universitas Putra Indonesia YPTK Padang sudah bekerja sama dengan beberapa universitas terbaik di Malaysia dan Singapura diantaranya, Universiti kebangsaan Malaysia, Universiti teknologi Mara Melaka Malaysia, Universiti Malaya, Universiti Teknologi Malaysia, Universiti Kuala Lumpur, dan beberapa Universitas lainnya. 


Rombongan study comparative tahun 2018 ini dipimpin langsung oleh Rektor Universitas Putra Indonesia YPTK Padang Prof. Dr. Sarjon Defit. Disamping itu diikuti oleh Dekan Fakultas Ilmu komputer Dr. Julius Santoni, Dekan Fakultas Ilmu pendidikan, Jhon Very, MM. Serta dosen dari berbagai fakultas, tim dokter klinik Yayasan Perguruan Tinggi Komputer Padang, dan karyawan. 


Kunjungan studi komparatif yang berlangsung selama satu minggu akan mengunjungi beberapa universitas universitas di Malaysia dan Singapura. Kegiatan tersebut berupa pertunjukan kebudayaan antara Indonesia dan Malaysia, mahasiswa UPI YPTK Padang menampilkan beberapa tarian tradisional seperti tari pasambahan dan tari piring diatas kaca. 


Selanjutnya dalam rangkaian kunjungan studi komparatif jika akan digelar simposium ilmu komputer dengan menghadirkan 2 orang narasumber dari mahasiswa UPI YPTK Padang, yang memaparkan kajian terkini ilmu komputer di masing-masing negara mereka akan memaparkan materi satu panggung dengan mahasiswa UITM Melaka. 


Rombongan akan melawat ke KLCC, pusat pemerintahan negara Malaysia di Putrajaya, serta beberapa objek lainnya di Malaysia. Sebelum bertolak ke Singapura rombongan mengunjungi Universiti Teknologi Malaysia di Johor Baru, dengan jadwal lawatan University mahasiswa UPI YPTK Padang akan mengunjungi dan melihat berbagai fasilitas yang terdapat di UTM Johor Baru. 


Mahasiswa studi komparatif yang berangkat pada tahun 2018 ini sangat terlihat antusias mempersiapkan berbagai kegiatan kunjungan mereka mulai dari pertunjukan seni, simposium kebudayaan hingga diskusi diskusi ilmiah yang digelar di berbagai kampus di Malaysia. Para peserta mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Perguruan Tinggi Komputer Padang atas support full akomodasi dan transportasi hingga pembuatan paspor, hal ini menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi mereka dalam aktivitas akademik internasional. 


Wakil Rektor 4 Bidang kerjasama dan inovasi UPI YPTK Padang Muhammad Ridwan, SE, MM. menyampaikan ini merupakan salah satu agenda dari kantor urusan internasional UPI YPTK Padang. Kita sudah memiliki beberapa kerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri seperti Korea, Jepang, Australia, Turki, Usbekistan dan Kazakhstan. Ke depan program serupa akan terus dikembangkan dalam tingkat yang lebih tinggi seperti student mobility atau student exchange.

Informasi Akademik Terbaru

Sejarah

Visi dan Misi

Pimpinan

Fasilitas

Kerja Sama

Struktur Organisasi