UPI YPTK Padang Jalin MOU Bersama University of Malaya

Selasa, 22 Januari 2019

Padang, Universitas Putra Indonesia (UPI) YPTK Padang bersama University of Malaya Malaysia melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) sekaligus menggelar International Seminar Strategies to Face Industrial Revolution 4.0 di UPI Convention Center, Jumat (18/1) kemarin.

Hadir pada acara tersebut, Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Komputer (YPTK) Padang Herman Nawas beserta Istri Dr. Zerni Melmusi, Rektor UPI YPTK Padang Prof. Dr. Sarjon Defit, S.Kom, M.Sc., Wakil Rektor I Dr. Sumijan, Wakil Rektor IV Muhammad Ridwan, S.E., M.M., Dekan se-Fakultas UPI YPTK Padang, Direktur UPI Center Yuhandri, Kepala LPPM UPI YPTK Padang Abulwafa Muhammad, dan Pemateri Seminar Internasional Billy Hendrik, serta seluruh mahasiswa S1 dan mahasiswa Program Pascasarjana UPI YPTK Padang.

Sementara itu dari pihak University of Malaya Malaysia hadir Assoc. Prof. Sri Devi Ravana, Kepala Jabatan Departement of Information System Faculty of Computer Science and Information Technology Universiti Malaya Assoc. Prof. Salimah Binti Mochtar, Dr. Suraya Binti Hamid, dan Dr. Moch Khalid Bin Othman.

Rektor UPI YPTK Padang, Prof. Sarjon Defit dalam pidato sambutan mengucapkan terima kasih kepada University of Malaya Malaysia yang telah hadir di Universitas Putra Indonesia (UPI) YPTK Padang. Selanjutnya, ia menyampaikan dengan MoU ini,UPI YPTK Padang dan University of Malaya Malaysia bisa mengadakan kerjasama berbagai kegiatan.

"Mudah-mudahan ke depan banyak program-program lain yang bisa kami kerjakan, sehingga UPI YPTK Padang bersama University of Malaya bisa berkolaborasi dalam berbagai bidang, khususnya untuk kegiatan-kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi," ungkap Defit.

Dia menambahkan, selain melakukan penandatanganan MoU, juga digelar International Seminar Strategies to Face Industrial Revolution 4.0 sebagai bentuk awal kerjasama yang telah dijalin.

"Pada Seminar Internasional ini banyak topik-topik yang menarik dibidang teknologi dan informasi yang dibahas diantaranya Paving the Pathway: Research Endeavors in the Era of IR 4.0, Big Data in Information Retrieval: Issues and Chalengges, dan The Robot Application Effect in Industrial Revolution 4.0 Era. Tujuannya agar menambah ilmu dan membuka wawasan mahasiswa-mahasiswi UPI YPTK Padang tentang bagaimana perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada saat ini," imbuhnya.

Selain itu, dia katakan Seminar Internasional ini merupakan rangkaian dari International Conference Computer Science and Engineering 2019 (IC2SE 2019) yang akan diadakan di UPI YPTK Padang pada April 2019 mendatang.

Lebih lanjut, Defit mengatakan saat ini UPI YPTK Padang telah menjalin kerjasama dengan universitas-universitas lain yang ada di Malaysia yaitu Universitas Teknologi Malaysia, Universitas Teknologi MARA, Universitas Sains Malaysia, dan Universitas Kebangsaan Malaysia. "Oleh karena itu, UPI YPTK Padang setiap tahun selalu mengirim mahasiswa-mahasiswi berprestasi ke universitas-universitas yang ada di Malaysia untuk studi banding," imbuhnya.

Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Komputer (YPTK) Padang, Herman Nawas, dalam sambutannya berharap bahwa penandatanganan MoU dan terjalinnya hubungan kerjasama antara UPI YPTK dengan University of Malaya Malaysia semakin menunjukkan kualitas UPI YPTK Padang sebagai universitas swasta terbaik di Sumbar.

Sementara itu, Senior Lecturer & PIC MoU University of Malaya dan UPI UPTK, Dr. Suraya Binti Hamid menyampaikan dengan adanya MoU ini mampu menjalin hubungan yang baik antara UPI YPTK dengan University of Malaya. Tidak hanya itu, lebih jauh ia juga berharap dengan adanya MoU ini hubungan antar Indonesia dan Malaysia bisa lebih harmonis, tidak hanya dalam bidang akademik, tetapi juga dalam berbagai aspek.

"From this MoU we hope get a good collaboration between UPI YPTK Padang and University of Malaya. Especially in doing research, seminar, join collaboration for sharing supervision for students, and also we want to have a good relationship between our country not only for the academic and other aspect (Dari MoU ini kami berharap terjalin kolaborasi yang baik antara UPI YPTK Padang dan University of Malaya. Terutama dalam bidang penelitian, seminar, kolaborasi untuk sharing supervisi mahasiswa. Selain itu, kami juga berharap terjalin hubungan yang baik antar kedua negara yakni Indonesia dan Malaysia, bukan hanya dalam bidang akademik, tetapi juga berbagai aspek lain)," tukas Suraya.

Informasi Akademik Terbaru

Sejarah

Visi dan Misi

Pimpinan

Fasilitas

Kerja Sama

Struktur Organisasi