UPI YPTK Gelar Wisuda Hybrid, Rektor Siapkan Lulusan Menghadapi Era Society 5.0

Padang, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang menggelar Wisuda Periode I Tahun Akademik 2021/2022 untuk jenjang pendidikan mulai dari program Ahli Madya, Sarjana dan Magister, pada hari Selasa & Rabu, 26-27 Oktober 2021. Wisuda kali ini merupakan wisuda kedua UPI YPTK yang dilaksanakan secara Hybrid (online dan offline).

Pelaksanaan prosesi wisuda bagi wisudawan/ wisudawati secara offline dilaksanakan di gedung UPI Convention Center dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Sedangkan bagi wisudawan/ wisudawati tidak bisa hadir secara offline,  dapat mengikuti prosesi wisuda secara online melalui link Zoom yang disediakan.  Seluruh rangkaian kegiatan wisuda dapat disaksikan secara live streaming melalui channel YouTube Universitas Putra Indonesia YPTK Official.

Pada wisuda kali ini, UPI YPTK meluluskan 1.347 orang lulusan yang terdiri dari  109 orang Magister (S-2), 1.194 orang Sarjana (S-1) dan 44 orang Ahli Madya (D-3). Dari total 1.347 orang wisudawan tersebut, sebanyak 549 orang berasal dari Fakultas Ilmu Komputer, 532 orang berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 100 orang berasal dari Fakultas Psikologi, 91 orang dari Fakultas Teknik, 47 orang dari Fakultas Desain Komunikasi Visual, dan 28 orang dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Wisuda dibagi menjadi dua hari, dimana hari pertama sebanyak 669 orang dan hari kedua sebanyak 678 orang. Sehingga sampai saat ini UPI YPTK telah meluluskan total 48.815 orang alumni.

Rektor UPI YPTK dalam sambutannya menyampaikan selamat serta merasa haru dan bangga terhadap wisudawan/ wisudawati yang telah dilantik, terutama kepada orang tua wisudawan yang telah mengantarkan anaknya untuk mencapai kesuksesan. Rektor juga berpesan kepada alumni untuk  dapat menerapkan dan mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah didapatkan di dalam kehidupan bermasyarakat, serta mendorong wisudawan untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. “Saat ini kita hidup di era Society 5.0, kita harus dilengkapi banyak keterampilan, tidak hanya hard skill tapi juga soft skill dimana kita harus dapat berpikir kritis (critical thinking) dan mampu menyelesaikan masalah (problem solving), bekerja sama, berkomunikasi dan memiliki kreatifitas serta mampu mengikuti setiap perubahan yang terjadi,” tambah Rektor UPI YPTK.

Kemudian Rektor juga menyampaikan bahwa UPI YPTK merupakan salah satu dari lima kampus di Indonesia yang diberikan bantuan dari South East Asia Sales Competition (SEASAC) yang merupakan proyek capacity building yang didanai oleh Erasmus + EU (Uni Eropa) yang berkerjasama dengan Turku University of Applied Sciences, Firlandia. Kemudian pada tanggal 27 November 2021 nantinya, UPI YPTK kembali dipercaya sebagai host untuk kegiatan South East Asia Sales Competition yang akan diikuti oleh mahasiswa UPI YPTK dan juga mahasiswa dari Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta lainnya di Republik Indonesia.

Selanjutnya Ketua YPTK, Ibu Dr. Hj. Zerni Melmusi, MM, Ak. CA dalam sambutannya menyampaikan selamat atas keberhasilan wisudawan/ wisudawati.  serta mengucapkan terimakasih kepada seluruh wisudawan/wisudawati, orang tua dan keluarga atas kepercayaan kepada UPI YPTK untuk mendidik putra-putri nya sehingga berhasil menjadi Ahli Madya, Sarjana dan Magister. Ketua YPTK mengajak seluruh wisudawan/ wisudawati, “Walaupun dibatasi keadaan pada masa pandemi Covid-19, mari kita tetap semangat dalam menuntut ilmu mencapai cita-cita yang mulia”.

Kemudian Ketua YPTK juga menyampaikan bahwa dalam pencapaian visi UPI YPTK, yayasan senantiasa memberikan dukungan,  dorongan dan pembinaan dalam pengembangan UPI YPTK sesuai dengan motto "Melangkah Lebih Maju". Pembinaan dan dorongan yang diberikan yaitu berupa pembinaan pengembangan Spiritual, Emosional dan Fisik. Dukungan untuk peningkatan mutu dosen melalui studi lanjut senantiasa dilakukan. Dimana saat ini banyak dosen UPI YPTK melanjutkan studi Doktor diberbagai Universitas baik dalam dan luar negeri, baik dalam bidang Ilmu Komputer, Ekonomi, Teknik, Psikologi, Keguruan dan Desain Komunikasi Visual. Selain itu dalam rangka meningkatkan jumlah dan mutu penelitian, Yayasan juga memberikan hibah dana penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebesar 4 Miliar per-tahun kepada semua dosen untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta kenaikan pangkat akademik.

Pada akhir sambutan, Ketua YPTK berpesan kepada seluruh wisudawan/wisudawati untuk selalu mempunyai keyakinan bisa berkompetisi dengan lulusan lainnya dan berhasil. Ada empat kunci sukses yang diberikan dalam kehidupan yaitu keyakinan, semangat, fokus dan patuh. ” Selain kesuksesan tersebut tentu tiga kunci kebahagian dunia dan akhirat. Pertama, cintai Allah diatas segalanya. Kedua, jadikan nabi Muhammad sebagai panutan kehidupan. Ketiga, berbuat baik dan santun kepada orang tua, karna ridho Allah terletak ridho kedua orang tua.", tambah Ketua YPTK.

Pada wisuda hari pertama, Kepala LLDikti Wilayah X (Sumbar, Riau, Jambi & Kep. Riau) yang diwakilkan oleh Sekretaris LLDikti Wilayah X, Bapak Yandri Anas, SH., MH  turut hadir secara langsung di gedung UPI Convention Center memberikan selamat kepada wisudawan/ wisudawati dan apresiasi kepada UPI YPTK atas prestasi dan pencapaian yang diraih. Selanjutnya pada wisuda hari kedua, pelantikan juga dihadiri langsung oleh Kepala LLDikti Wilayah X, Prof. Dr. Herri, MBA.

LLDikti berharap alumni UPI YPTK dapat beradaptasi di dunia kerja dan mampu memanfaatkan teknologi, serta mamberikan masukkan yang berharga dalam pelaksanaan pendidikan dan saran-saran yang konstruktif untuk pengembangan almamater.

Dalam peningkatan prestasi perguruan tinggi, sesuai program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi  yaitu MBKM (Merdeka Belajar, Kampus Merdeka)  mempunyai empat hal. Pertama, pelaksanaan pendidikan harus fleksibel, dimana proses pendidikan harus berinteraksi dengan perkembangan industri dan dunia kerja serta mengikuti dinamika yang berkembang di masyarakat. Kedua, penguatan relevansi perguruan tinggi dan penyesuian kurikulum dengan tuntutan industri dan dunia kerja serta kebutuhan masyarakat. Ketiga, peningkatan dan tata kelola perguruan tinggi, dan keempat yaitu peningkatan kerjasama.

LLDikit juga menyampaikan apresiasi kepada UPI YPTK, “Dimana saat ini UPI YPTK sudah memiliki banyak dosen dengan kualifikasi S-3, bahkan saat ini sebanyak 50 orang dosen sedang melaksanaakan studi lanjut S-3, dan yang paling membanggakan ada sebanyak 3 orang dosen UPI YPTK sudah mempunyai gelar Profesor atau Guru Besar dari total 28 Guru Besar di LLDikti Wilayah X”, tambah Sekretasi LLDikti Wilayah X dalam sambutannya.

Selain itu, LLDikti Wilayah X juga memberikan apresiasi kepada UPI YPTK, bahwa dari total 4 program studi S-3 di empat wilayah di Sumatera (Sumbar, Riau, Jambi, dan Kep. Riau), 2 program studi diantaranya ada di UPI YPTK Padang.  

Pada wisuda hari kedua, UPI YPTK menyerahkan santunan kepada salah seorang wisudawan dari program studi Sistem Komputer bernama Kesayangan Ndru yang menjadi korban tanah longsor pada 29 September 2021, dimana tujuh orang anggota keluarganya meninggal dunia. (Dok : Humas Wisuda, UPI YPTK)

Latest News

More

Upcoming Events

Facebook

Twitter