PENANDATANGANAN MoU UNIVERSITAS PUTRA INDONESIA “YPTK” PADANG DENGAN LEMBAGA KERAPAN ADAT ALAM MINANGKABAU KOTA PADANG

Kearifan lokal di wilayah Sumatera Barat dengan adat Minangkabau-nya menjunjung tinggi keberadaan Niniak Mamak disetiap nagari (penamaan lokal Minangkabau untuk daerah tingkat Kelurahan), salah satu perwujudannya adalah adanya Kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN), yang merupakan lembaga perwakilan permusyawaratan adat tertinggi di Nagari. KAN berada di bawah pengawasan Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM), Lembaga Adat resmi yang ada pada tataran kecamatan hingga provinsi.

Lembaga Kerapan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kota Padang, menjalin kerjasama dengan Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang. Diharapkan melalui Kerjasama ini, peranan perguruan tinggi bersama ninik mamak cadiak pandai alim ulama, bisa memberikan nilai-nilai adat istiadat dalam kehidupan bermasyarakat. Penandatanganan langsung oleh bapak Rektor Universitas Putra Indonesia “YTPK” Padang Prof. Dr. Sarjon Defit, S.Kom, M.Sc dengan Ketua LKAAM Kota Padang Ir.Syafril Ulbi,BSc, Dt.Bagindo Rajo.

Nilai-nalai adat istiadat Minangkabau Sejalan dengan penerapan pendidikan karakter dari 12 prinsip dasar UPI “YPTK” Padang dan juga program pengabdian kepada masyarakat baik dari segi ekonomi, teknologi informasi dan computer serta peran psikologi agar masyarakat adat Minangkabau mampu beradaptasi dengan kondisi saat ini. Memberikan sosialisasi dalam bentuk seminar dan workshop bagi anak nagari agar memberikan dampak positif di tengah maraknya isu-isu yang di alami saat ini.

Latest News

More

Upcoming Events

Facebook

Twitter