UPI YPTK Wisuda 1.258 Lulusan, Wakil Rektor IV Beri Orasi Ilmiah

Padang, Universitas Putra Indonesia YPTK Padang menggelar Wisuda Periode II Tahun Akademik 2021/2022 untuk jenjang pendidikan mulai dari program Ahli Madya, Sarjana dan Magister, pada hari, Selasa & Rabu, 24-25 Mei 2022 di Gedung UPI Convention Center, Kampus UPI YPTK Padang.

Pada wisuda kali ini, UPI YPTK meluluskan 1.258 orang lulusan yang terdiri dari 51 orang Magister (S-2), 1.199 orang Sarjana (S-1) dan 8 orang Ahli Madya (D-3). Dari total 1.258 orang tersebut, sebanyak 509 orang berasal dari Fakultas Ilmu Komputer, 584 orang berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 78 orang berasal dari Fakultas Psikologi, 46 orang dari Fakultas Teknik, 23 orang dari Fakultas Desain Komunikasi Visual, dan 18 orang dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Wisuda dibagi menjadi dua hari, dimana hari pertama sebanyak 638 orang dan hari kedua sebanyak 620 orang. Sehingga sampai saat ini UPI YPTK telah meluluskan total 50.073 orang alumni.


Rektor UPI YPTK dalam sambutannya menyampaikan selamat serta merasa haru dan bangga terhadap wisudawan/ wisudawati yang telah dilantik, terutama kepada orang tua wisudawan yang telah mengantarkan anaknya untuk mencapai kesuksesan. Rektor juga berpesan kepada alumni untuk  dapat menerapkan dan mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah didapatkan di dalam kehidupan bermasyarakat, serta mendorong wisudawan untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.  Seiring dengan semakin ketatnya persaingan, rektor meminta kepada alumni untuk dapat menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan yang terjadi. “Orang-orang yang menang bersaing adalah orang yang bisa beradaptasi dengan perubahan yang terjadi yaitu dengan cara meningkatkan skill, tidak hanya hardskill namun juga softskill.” tambah Rektor UPI YPTK. Selain itu, pada abad 21 ini, di era Society 5.0, ada beberapa kompetensi yang perlu ditingkatkan yang dikenal dengan 4 C yaitu critical thinking, collaboration, communication dan creative.

Kemudian Rektor juga menyampaikan bahwa UPI YPTK merupakan salah satu dari lima kampus di Indonesia yang diberikan bantuan dari South East Asia Sales Competition (SEASAC) yang merupakan proyek capability building yang didanai oleh Erasmus + EU (Uni Eropa). Pada tanggal 16-20 Mei 2022, salah satu dosen UPI YPTK selesai melakukan study visit dan menjadi juri dalam kompetisi Business to Business Sales Competition  di Belanda.

Selanjutnya Ketua YPTK, Ibu Dr. Hj. Zerni Melmusi, MM, Ak. CA dalam sambutannya menyampaikan selamat atas keberhasilan wisudawan/ wisudawati.  serta mengucapkan terimakasih kepada seluruh wisudawan/wisudawati, orang tua dan keluarga atas kepercayaan kepada UPI YPTK untuk mendidik putra-putri nya sehingga berhasil menjadi Ahli Madya, Sarjana dan Magister.


Kemudian Ketua YPTK juga menyampaikan bahwa Universitas Putra Indonesia YPTK Padang merupakan sebuah Univesitas swasta yang didirikan bersama Almarhum Bapak H. Herman Nawas sejak tahun 1985. “Ini merupakan kelanjutan dari cita-cita luhur untuk mencerdasarkan kehidupan bangsa dan mendukung visi pendidikan nasional. Alhamdulillah, berkat rahmat Allah SWT dan do’a dari masyarakat berkembang menjadi Universitas besar yang diminati dan dipercaya”, tambah Ketua YPTK.

Dalam mendorong peningkatan mutu dosen, Yayasan Perguruan Tinggi Komputer Padang selalu memberikan dukungan melalui beasiswa studi lanjut. Saat ini 50 orang dosen UPI YPTK sedang menyelesaikan program S3 diberbagai Universitas dalam dan luar negeri untuk bidang Ilmu Komputer, Ekonomi, Teknik, Psikologi, Keguruan dan Desain Komunikasi Visual. Saat ini 25 orang dosen UPI YPTK telah memiliki gelar Doktor.

Pada akhir sambutan, Ketua YPTK menyampaikan kepada seluruh wisudawan/wisudawati untuk selalu mempunyai keyakinan bisa berkompetisi dengan lulusan lainnya dan berhasil . Ada empat pesan yang diberikan kepada wisudawan. ”Pertama, cintai Allah SWT di atas segala-galannya dan aplikasikan 99 sifat Allah (Asmaul Husna) dalam kehidupan. Kedua, menjadikan Nabi Muhammad SAW menjadi panutan dalam kehidupan. Ketiga, berbuat baik dan santuk kepada kedua orang tua. Keempat, selalu berbuat baik kepada siapapun, karena perbuatan baik itu untukmu dan perbuatan jahat juga untukmu.", tambah Ketua YPTK.

LLDikti Wilayah X (Sumbar, Riau, Jambi & Kep. Riau) dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada seluruh Wisudawan/ wisudawati dan orang tua. LLDikti berharap lulusan UPI YPTK tidak hanya memiliki kualitas akademik yang baik, tetapi juga memiliki karakter yang berinisiatif yaitu sanggup menciptakan lapangan kerja. Selain itu, untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi perlu adanya peningkatan kompetensi dosen, pengembangan kualitas sarana dan prasarana, memperkuat teknologi pendidikan, akreditasi perguruan tinggi, kerjasama serta memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Pada kesempatan wisuda hari pertama, Bapak Dr. Jhon Veri, S.Kom., M.M., M.Kom (Wakil Rektor IV), turut memberikan orasi ilmiah sekaligus dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-37 tahun UPI YPTK Padang. Orasi ilmiah yang berjudul “Manajemen Sumber Daya Manusia Di Dalam Pengelolaan Perguruan Tinggi Swasta Berdasarkan Kinerja Dosen”, menekankan bahwa pengelolaan Perguruan Tinggi Swasta yang berbentuk Universitas tergantung kepada tingkat kompetensi dan kinerja dosen dalam upaya meningkatkan mutu dan daya saing Perguruan Tinggi. “Adapun kompentensi yang harus dimiliki adalah kompentensi kepribadian, pedagogik, profesional, dan sosial yang direfleksikan oleh kompetensi sosial dalam melaksanakan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi. Sehingga kinerja dosen dapat dilaksanakan secara optimal”, ujar WR IV.  (Dok : Humas Wisuda, UPI YPTK)

Latest News

More

Upcoming Events

Facebook

Twitter