UPI-YPTK Sukses Raih Penghargaan dan Apresiasi dari Wali Kota Padang Panjang

Alhamdulillahirabbil’alamin
Padang Panjang- Alhamdulillah, Keberhasilan menciptakan dampak positif di masyarakat kembali diraih oleh Universitas Putra Indonesia YPTK (UPI YPTK) Padang. Kali ini, tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UPI YPTK Padang mendapatkan penghargaan dan apresiasi tinggi dari Wali Kota Padang Panjang, Bapak Sonny Budaya Putra, AP, M.Si di Padang Panjang, Selasa (30/1/2024).

LPPM UPI YPTK terbukti mampu memberikan kontribusi signifikan terhadap kemajuan Kelompok Wanita Tani (KWT) Pedagang Sayur Keliling Kota Padang Panjang, melalui program “Bimtek Sosiopreneur PKM Hibah Batch 4” yang telah dijalankan pada Agustus 2023 lalu. Penghargaan atas keberhasilan ini disematkan langsung oleh Wali Kota Padang Panjang sebagai bentuk apresiasi terhadap kontribusi positif yang telah diberikan oleh UPI YPTK dalam upaya pemberdayaan masyarakat, khususnya di sektor pertanian.
Pada kesempatan ini, Bapak Sonny menyatakan bahwa kegiatan Bimtek tersebut sejalan dengan karakteristik Kota Padang Panjang yang tidak hanya dikenal sebagai Kota Pendidikan, tetapi juga memiliki ekonomi yang kuat, terutama di sektor Usaha Mikro, Makro dan Menengah (UMKM). Ia berpendapat bahwa Bimtek seperti ini memberikan efek positif terhadap pemasaran produk UMKM di daerah tersebut.

Beliau juga mengungkapkan keinginnanya untuk menjalin kerjasama yang lebih erat dengan UPI YPTK melalui penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) guna menjamin keberlanjutan kegiatan positif ini, serta membuka pintu bagi kegiatan-kegiatan bermanfaat lainnya di masa depan.
Sementara itu, Wakil Rektor I UPI YPTK , Dr. Ir. Sumijan, M,Sc, menjelaskan bahwa bimtek ini fokus pada pengelolaan produk UMKM berbahan sayur kale, sebuah komoditas sayuran di Padang Panjang. Selain itu, kegiatan ini juga membahas pentingnya adaptasi terhadap era Industry 4.0 dan Society 5.0. Bapak Sumijan juga menyoroti perlunya petani dan pelaku usaha UMKM untuk melek teknologi agar dapat berinovasi dalam pemasaran produk secara digital, terutama melalui e-Commerce.

Dalam kesempatan tersebut, dilaksanakan juga pemberian materi terkait literasi digital untuk pemasaran produk e-Commerce oleh dosen UPI YPTK, yaitu Bapak Dr. Syafri Arlis,S.Kom, M.Kom. Materi ini diharapkan dapat membekali para pelaku usaha dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam memasarkan produk melalui platform digital.
Acara dihadiri oleh berbagai pejabat dan pihak terkait dari Pemerintah Kota Padang Panjang, termasuk Asisten II, Kepada Dinas Pangan dan Pertanian, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Kabag Tapem Setdako dan Lurah Tanah Pak Lambik, serta pihak terkait lainnya.

Walikota Padang Panjang mengungkapkan harapannya untuk adanya keberlanjutan program ini, mengingat dampak positifnya terhadap pengembangan UMKM dan ekonomi daerah. Keberhasilan LPPM UPI YPTK Batch 4 menjadi tonggak penting dalam mewujudkan sinergi perguruan tinggi dan pemerintah dalam mendukung kegiatan pemberdaayan masyarakat untuk kebaikan bersama.

Latest News

More

Upcoming Events

Facebook

Twitter