UPI Peduli Sumbar: Membawa Harapan dan Bantuan bagi Korban Bencana di Tanah Datar

Pada Sabtu, 25 Mei 2024, Universitas Putera Indonesia YPTK Padang (UPI YPTK) melaksanakan misi kemanusiaan untuk membantu korban bencana di Tanah Datar. Rombongan yang terdiri dari rektor, wakil rektor, perwakilan civitas akademika, serta mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UPI YPTK Padang bergerak menuju lokasi bencana dengan membawa berbagai bentuk bantuan.

Kunjungan pertama dilakukan di Rumah Bupati Tanah Datar yang disambut hangat oleh Kepala Dinas Kominfo Tanah Datar, Bapak Drs. Yusrizal, dan Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Bapak Drs. Alfian Jamrah, M.Si. Data terbaru menunjukkan bencana ini telah menyebabkan korban jiwa dan beberapa orang hilang. Kerusakan juga meliputi sawah, lahan holtikultura, ternak, kendaraan roda empat, dan kendaraan roda dua. Kepala Dinas Kominfo Tanah Datar menginformasikan bahwa masa tanggap darurat akan diperpanjang hingga satu minggu kedepan. Upaya perbaikan akan mencakup pemecahan bebatuan, normalisasi sungai, perbaikan jembatan, dan irigasi sebanyak 115 unit. Saat ini, terdapat sekitar 3000 jiwa yang berlindung di posko pengungsian.

Selanjutnya, rombongan UPI YPTK mengunjungi posko di Masjid 'Ubudiyah, Parambahan. Bantuan berupa mukena, sarung, sajadah, makanan instan, peralatan memasak, dan kompor diserahkan kepada warga nagari Parambahan. Mahasiswa UPI YPTK juga memberikan sumbangan berupa minyak goreng, gula, teh, telur, susu kental manis, beras, dan pakaian. Rektor UPI YPTK, Bapak Prof. Dr. H. Sarjon Defit, S.Kom., M.Sc, menyampaikan harapan agar bantuan yang telah diberikan dapat meringankan beban para korban. Wali Nagari Parambahan, Bapak H. Robi Yasdi, mengucapkan terima kasih atas bantuan tersebut.

Kunjungan ketiga dilakukan di posko Sungai Jambu di MTsN 7 Tanah Datar. Bantuan berupa buku tulis, kertas HVS, dan alat tulis diserahkan kepada Kepala Sekolah MTsN 7 Tanah Datar. Rektor UPI YPTK menyampaikan rasa duka dan berharap anak-anak dapat segera bangkit untuk melanjutkan belajar. Kepala Sekolah MTsN 7 Tanah Datar, Bapak Drs. Setrial, berterima kasih atas perhatian dan bantuan dari UPI YPTK, dan memohon doa agar relokasi pembangunan sekolah bisa segera terwujud.

Di posko Kantor Wali Nagari Sungai Jambu, UPI YPTK memberikan 77 paket bantuan yang serupa dengan bantuan di Parambahan. Rektor UPI YPTK mendoakan agar seluruh masyarakat yang menjadi korban diberikan ketabahan dalam menghadapi musibah ini. Wali Nagari Sungai Jambu, Bapak Adrimufendri, menyampaikan rasa terima kasih dan berharap bantuan ini membawa manfaat besar bagi warganya.

Kunjungan terakhir dilakukan di posko Masjid Jami' Sungai Jambu. UPI YPTK memberikan uang tunai dan bola kaki kepada anak-anak agar dapat bermain dan merasa terhibur. Selain itu, diadakan sesi trauma healing untuk anak-anak korban bencana agar mereka dapat merawat diri pasca bencana.

Kegiatan ini menunjukkan kepedulian dan solidaritas UPI YPTK Padang terhadap masyarakat yang terdampak bencana. Bantuan dan dukungan moral yang diberikan diharapkan dapat meringankan beban dan memulihkan semangat warga Tanah Datar.

Latest News

More

Upcoming Events

Facebook

Twitter