Penguatan Kerjasama Internasional dan Pengabdian kepada Masyarakat : Kunjungan UPI YPTK Padang ke Universiti Malaysia Pahang Al-Sultan Abdullah (UMPSA)

Pada tanggal 11-15 Juni 2024, perwakilan dosen dari Fakultas Teknik Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang, Bapak Rafki Imani S.T., M.T. (Dosen Teknik Sipil) dan Dr. Nanang Fatchurrohman (Dosen Teknik Industri), melakukan kunjungan akademis ke Universiti Malaysia Pahang Al-Sultan Abdullah (UMPSA). Kunjungan ini bertujuan untuk mempererat hubungan kerjasama internasional sekaligus menjalankan program pengabdian kepada masyarakat (PkM). 

Kedatangan delegasi dari UPI YPTK ini disambut hangat oleh pihak Universiti Malaysia Pahang Al-Sultan Abdullah (UMPSA) yang diwakili oleh Prof. Madya Ir. Ts. Dr. Faiz bin Mohd Turan selaku Dekan Faculty of Manufacturing and Mechatronic Engineering Technology, serta Wakil Dekan 1 Academic Dr. Muhammed Nafis bin Osman Zahid. Sambutan ini membuka rangkaian kegiatan yang produktif selama dua hari kunjungan.

Selama kunjungan, beberapa kegiatan penting telah dilaksanakan, antara lain pembicaraan kerjasama internasional yang ditandai dengan Letter of Intent (LoI) antara UPI YPTK dan Faculty of Manufacturing and Mechatronic Engineering Technology UMPSA. Diskusi ini membahas berbagai inisiatif kerjasama di bidang pendidikan, penelitian, serta pengabdian masyarakat, dengan harapan membuka peluang kolaborasi yang lebih luas dan bermanfaat bagi kedua institusi.

Selain pembicaraan kerjasama, kunjungan ini juga diisi dengan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) yang dilakukan di SMK Gudang Rasau, SEGRA. Kegiatan ini melibatkan kolaborasi antara dosen-dosen dari UPI YPTK dan UMPSA dengan tujuan untuk memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat. Bapak Rafki Imani S.T., M.T memberikan pelatihan di bidang teknik sipil tentang "Pembuatan dan Design Konstruksi Jembatan dari Stik Es Krim". Pelatihan ini bertujuan untuk mengajarkan siswa prinsip-prinsip dasar teknik sipil melalui pembuatan miniatur jembatan yang dapat menahan beban maksimum menggunakan stik es krim sebagai bahan konstruksi. Sementara itu, Bapak Dr. Nanang Fatchurrohman menyampaikan sosialisasi di bidang teknik industri mengenai "Urgensi Teknologi Robotik dalam Kemajuan Industri di Masa Mendatang”.

Sosialisasi ini menekankan pentingnya adopsi teknologi robotik untuk mendorong efisiensi dan inovasi dalam sektor industri, serta mempersiapkan siswa menghadapi tantangan dan peluang di era industri 4.0.

Kunjungan akademis ini tidak hanya mempererat hubungan antara UPI YPTK dan UMPSA, tetapi juga memberikan dampak positif bagi masyarakat melalui kegiatan pengabdian yang dilaksanakan. Kerjasama yang terjalin diharapkan dapat menghasilkan inovasi dan peningkatan kualitas pendidikan serta penelitian di kedua institusi. Kegiatan ini juga menunjukkan komitmen UPI YPTK dan UMPSA dalam membangun masa depan yang lebih baik melalui kolaborasi dan pengabdian yang berkelanjutan sehingga kedepannya dapat terus melangkah lebih maju

Latest News

More

Upcoming Events

Facebook

Twitter